Bisnis Modal Kecil Yang Menguntungkan Di Rumah

Banyak orang urung atau tidak jadi menjalankan bisnis modal kecil yang menguntungkan di rumah oleh karena keterbatasan. Modal memang penting tapi keterbatasan modal bukan suatu alasan bagi orang untuk mencoba menjalankan sebuah usaha kecil di rumah buat menambah penghasilan. Saat ini sudah banyak jenis bisnis yang menawarkan usaha dengan modal kecil atau malah ada pula tanpa modal sekalipun. Sebenarnya besaran dari modal kecil itu berapa? Tidak ada definisi pasti tentang modal kecil. Bagi yang berpenghasilan 4 juta perbulan mungkin 3 juta merupakan modal yang cukup besar. Namun 3 juta tidak ada artinya bagi yang berpenghasilan 30 juta perbulan. Jika memiliki modal di bawah 3 juta atau lebih, lalu kira-kira bisnis apa yang cocok dan menguntungkan dengan modal segitu. Jawabanya banyak. Banyak pilihan untuk menjalankan bisnis menguntungkan dengan modal 3 jutaan.

Mengenali Diri Sendiri & Beberapa Contoh Bisnis Modal Kecil Yang Menguntungkan 

Bisnis Modal Kecil Yang Menguntungkan Di Rumah
Bisnis modal kecil yang menguntungkan banyak variasinya mulai dari usaha kecil dan menengah, franchise, hingga bisnis online. Ketiganya merupakan bisnis yang saat ini tidak perlu modal yang terlalu besar untuk memulainya. Sebelum memulai usaha dengan permodalan yang ada, sebaiknya kenali potensi diri. Apa minat usaha anda? Kemampuan apa yang anda miliki yang bisa diterapkan di usaha tersebut. Intinya, pilih dan jalankan usaha yang kita sukai dan tulus, maka usaha dapat dilakukan dengan tanpa terpaksa dan penuh sukacita. Namanya usaha memang sesuatu yang bisa dipelajari. Jika ada niat yang tulus, pastinya semua akan bisa teratasi.

Salah satu jenis usaha di rumah yang mungkin dapat menjadi pilihan adalah usaha kecil dan menengah. Banyak pilihannya misalnya berternak, usaha jualan pulsa, membuka bengkel, dan lain sebagainya. Tentu modal awal disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan. Modal awal mungkin tidak terlalu besar namun secara perlahan jika dikelola dengan benar maka dapat menguntungkan. Misalnya saja berternak. Dengan modal 3 juta, maka sesuaikan dengan jenis ternak yang  terjangkau dengan modal tersebut misal ternak bebek atau ternak ayam. Mungkin produksi awal memang tidak terlalu besar. Oleh karena itu diperlukan perhitungan dan perencanaan yang matang untuk mengembangkan usaha tersebut.

Bisnis menguntungkan lainnya yang bisa dikembangkan adalah bisnis franchise. Tidak semua franchise memerlukan modal yang besar. Saat ini sudah ada franchise yang dapat dijalankan dengan modal kurang dari 3 juta. Umumnya franchise 3 jutaan berupa produk makanan kecil seperti makanan kecil, juice buah dan minuman ringan seperti teh. Perhatikan lokasi usaha untuk memulai usaha franchise ini. Carilah lokasi-lokasi yang strategis seperti kampus, pasar, atau pusat perbelanjaan. Dengan lokasi yang strategis akan menambah jangkauan konsumen serta peluang pemasaran yang semakin tinggi. Gunakan strategi pemasaran yang efektif dan unik untuk menggaet pelanggan. Manfaatkan sosial media sebagai media promosi. Sosial media merupakan tempat promosi yang sangat efektif karena murah dan dapat diakses semua orang.

Jika modal memang sangat terbatas, anda dapat mencoba bisnis reseller suatu produk. Bisnis reseller produk merupakan bisnis modal kecil yang menguntungkan dengan modal 3 juta atau kurang. Modal awal yang sangat minim membuat orang tertarik di bisnis reseller seperti misalnya reseller produk fashion, jualan obat herbal dan sebagainya. Reseller produk hanya menjual kembali produk supplier kepada konsumen. Banyak keuntungan yang bisa didapat sebagai reseller produk. Selain modalnya yang ringan, bisnis ini dapat dijalankan secara online tanpa terikat waktu. Jadi anda bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja.

Jenis bisnis modal kecil yang menguntungkan di rumah seperti apa yg hendak dipilih? Semuanya tergantung kepada minat dan kemampuan setiap orang. Ingat kesuksesan bukan bergantung pada jenis usaha, tetapi dari niat dan kerja keras. Cintai pekerjaan yang kita lakukan, dan percaya pada saatnya kelak usaha itu akan membuahkan hasil.