Contoh Peluang Usaha di Yogyakarta - Mencari Ide Bisnis

Helm Ukir Antik –  Sebuah Contoh Peluang Usaha di Yogyakarta Yang Menguntungkan

Salah satu peluang usaha di Yogyakarta tahun 2014 ini adalah bisnis terbaru helm ukir. Helm tersebut adalah seperti helm-helm biasa lainnya dengan fungsi utama buat melindungi kepala ketika sedang mengendarai sepeda motor. Namun yang membedakannya dengan helm biasa ialah terletak pada motif permukaan helm dimana helm biasanya dicat dengan aneka warna menarik atau ditempeli dengan berbagai macam sticker maka di helm ukir yg menjadi motif hiasannya yaitu berbentuk ukir-ukiran. Nah, cukup unik tentunya jika melihat penampilan helm tersebut. Ide bisnis unik seperti membuat helm antik seperti halnya helm ukir itulah inti dari sebuah bisnis agar mampu bertahan di tengah persaingan usaha sampai kapanpun. Sang pembuat helm mampu memberikan nilai LEBIH kepada produk yg dibikinnya sehingga kelihatan agak “aneh” (= unik) tapi dengan keunikan seperti itu justru membuat orang lain tertarik untuk menggunakannya.

Contoh Ide Bisnis - Peluang Usaha di Yogyakarta

Peluang Usaha di Yogyakarta - Mencari Ide Bisnis
Dok. http://jogkir.blogspot.com/
Gambar di atas adalah beberapa contoh penampakan helm ukir dengan cita rasa seni. Permukaan helm benar-benar diukir sehingga terlihat lebih istimewa dibandingkan dengan produk helm yg telah dikenal selama ini. Untuk bahan dari helm tersebut biasanya terbuat dari logam seperti aluminium, tembaga atau pun bahan kuningan. Meskipun berbahan dasar logam namun pembuat helm menjamin bahwa berat helm tersebut sangat ringan sehingga tidak akan membuat kepala pemakainya tidak menjadi pusing akibat kelamaan memakainya. Justru dengan memakai helm tersebut, penggunanya akan menjadi makin bisa bergaya, apalagi jika sepeda motor yang ditungganginya adalah motor model kuno atau motor gede. Wah keliatan makin keren aja, bos!

Untuk model atau bentuk helm ukir sendiri tidak saja berbentuk oval seperti gambar di atas namun bisa berbentuk bulat seperti helm pada umumnya dan juga para peminat atau konsumennya bisa memesan model sesuai keinginannya. Di bagian dalam helm, bisa diberi pelapis seperti helm pada umumnya sehingga produk helm ukir ini dapat dipakai buat bersepeda motor atau juga bisa dipakai untuk pajangan karena ukiran di helm tersebut membuatnya bisa digunakan sebagai hiasan di ruang tamu, misalnya. Keanekaragaman bentuk helm tentu saja memberi nilai tambah, oleh sebab itu banyak sekali konsumennya terutama para turis dari luar negeri yang gemar dengan produk hasil kerajinan tangan asli Yogya tersebut daripada produk hasil pabrik. 

Nah, dari contoh itu maka dapat disimpulkan bahwa jika ingin membuka atau mencari peluang bisnis di rumah, sebaiknya mengedepankan sisi keunikan atau ciri khas produk karena materi itulah yg menjadikan sebuah produk terlihat unik, tak ada duanya dan istimewa hingga memiliki nilai jual. Memang salah satu kesulitan membuka usaha sendiri di rumah adalah menemukan ide unik tapi tentu buat para calon wirausahawan sejati takkan kesulitan untuk menemukannya. Mungkin salah satu cara menemukan gagasan ialah dengan jalan meniru atau mencontoh (bukan menjiplak habis-habisan, loh ya! Krn itu pelanggaran hak cipta) lalu diberi variasi tambahan agar berbeda dengan produk yg ditiru. Cara seperti itu sudah umum dilakukan di dunia usaha. Apakah Anda mulai terbuka pemikirannya dan menemukan ide baru setelah membaca peluang usaha di Yogyakarta yg membahas helm ukir ini? Segera wujudkan ide tersebut dan menjadikannya bisnis yang menguntungkan.